E-Learning Adaptif Tingkatkan Hasil Belajar

shopify analytics toolView MyStats
Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/e-learning-adaptif-tingkatkan-hasil-belajar

E-Learning Adaptif Tingkatkan Hasil Belajar

6 April 2015 0:01 WIB

SISTEM pembelajaran e-learning yang ada sekarang ini umumnya memberikan presentasi materi pembelajaran yang sama untuk setiap pengguna karena mengasumsikan bahwa karakteristik semua penggunanya homogen.

Kenyataannya, setiap pengguna mempunyai karakteristik yang berbeda-beda baik dalam hal tingkat kemampuan, gaya belajar, latar belakang maupun yang lainnya. Guru Besar Ilmu Pembelajaran Teknologi Informasi pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Prof Herman Dwi Surjono MSc MTPhD mengungkapkan pandangannya pada pidato pengukuhannya di ruang sidang rektorat, kemarin.

”Karena itu, seorang pengguna e-learning belum tentu mendapatkan materi pembelajaran yang tepat dan akibatnya efektivitas pembelajaran tidak optimal,” tandasnya.

Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan e-learning adaptif karena sistem ini dapat menampilkan halaman web sesuai dengan karakteristik individu, berorientasi pada kelompok pengguna yang lebih luas, dan memberikan navigasi untuk membatasi keleluasaan pengguna dalam mencari informasi.

Continue reading